Selasa, 02 April 2013

Trace Router Website Kaskus Menggunakan Modem AHA (Esia)


Trace Router (Tracert) merupakan adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan.

Pada kali ini, saya akan melakukan Tracert mengunakan Modem AHA (Esia) ke website www.kaskus.co.id menggunakan CMD.
Pertama kita buka cmd terlebih dahulu, kemudian ketik tracert kaskus.co.id kemudian tekan enter. Dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :
 


Pada gambar di atas menjelaskan bahwa tracert complete yang artinya berhasil sampai tujuan. Pada tracert kali ini, jumlah hop atau loncatan dari satu route ke route lain berjumlah 12 untuk sampai ke server kaskus.co.id. Pada Hop ke 1-4 merupakan gateway dari modem AHA yang saya gunakan, kemudian terjadi 'request time out' menyatakan bahwa route tidak mengirim atau tidak mereply kmbali reques kita. Kemudian pada hops ke 6-8 itu merupakan Route dan IP address dari server bakrie telecom (karena menggunakan modem AHA yang server yaitu bakrie telecom). Kemudian route belanjut ke hop nomor 9-12. Pada hop kali ini merupakan IP address dari server kaskus.co.id. nah , pada kali ini saya melakukan trace route ke kaskus.co.id dan trace berhasil atau complate.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar