Sabtu, 12 Januari 2013

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA


Apakah Bisnis Informatika tersebut?berdasarkan kata Bisnis Informatika terdiri dari 2 kata yang berbeda yaitu Bisnis dan Informatika. Berdasarkan ilmu ekonomi, bisnis adalah individu atau sebuah kelompok yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau pelaku bisnis lainnya.Sedangkan Informatika mengandung arti ilmu yang mempelajari tentang teknik komputasi. Sedangkan gabungan dari kedua kata tersebut "Bisnis Informatika" mengandung arti suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet. BIsnis informatika memiliki arti dan cakupan yang luas, oleh karena itu penulis akan mencoba menjabarkannya sesuai dari pengetahuan dan beberapa informasi yang di dapat. Jika sebelumnya penulis telah menjelaskan secara singkat mengenai pengertian dari bisnis maka selanjutnya akan dijelaskan mengenai aspek aspek bisnis.

Aspek aspek bisnis terdiri dari 4 yaitu :
1. Keuntungan individu dan kelompok
2. Penciptaan Nilai
3. Penciptaan barang dan jasa
4. Keuntungan melalui transaksi

Fungsi bisnis adalah sebagai berikut :
1. Fungsi Mikro(Kontribusi terhdap pihak yang berperan langsung)
2. Fungsi Makro(Kontribusi terhadap pihak yang tidak berperan langsung)
Macam-macam jenis kepemilikan bisnis


Selain penjelasan di atas, kepemilikan bisnis memiliki berbagai jenis antara lain :
Perseorangan, disini artinya bisnis dijalankan oleh sebuah badan usaha yang dimiliki satu orang saja, jadi segala sesuatu baik itu keuntungan maupun kerugian hanya berdampak pada pemilik perusahaan, contoh kepemilikan bisnis perseorangan PT Bank Mandiri (Persero)
Persekutuan, disini pemilik bisnis dijalankan oleh 2 perusahaan atau lebih guna menjalankan segala sesuatu yang berhubungan penjualan baik barang maupun jasa secara bersama-sama, demikan juga dengan dengan keuntungan dan kerugian di tanggung bersama-sama
Perseroan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan.
Koperasi, adalah sistem bisnis yang didalamnya menganut sis tem ekonomi yang pro rakyat, koperasi dibuat untuk mensejahterahkan anggota-anggotanya, koperasi memiliki Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
Informatika

Secara harfiah informatika berasal dari kata infomasi dan matematika yang kalo di jabarkan adalah kumpulan informasi yang diolah secara komputasi sehingga di dalamnya memuat pengumpulan data, memrosesan data, menampilkan data, mengurangi dan menambahkan data yang di olah secara komputerarisasi.

Macam-macam ilmu informasi :

Informatika memiliki beberapa bidang ilmu yang dipeajari antara lain :
Teori informasi
Ilmu informasi
Ilmu komputer dan teknik komputer
Sistem informasi
Keamanan informasi
Bisnis Informatika

dari kesimpulan di atas bahwa Bisnis Informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai dengan tujuan mendapatkan laba / keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.


- Peranan Teknlogi Informasi di bidang Bisnis

Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat. Sistem Informasi ManajemenSistem informasi manajemen (Management Information System – MIS), merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, atau perusahaan kecil. SIM dapat diterapkan pada semua tingkat atau level manajemen yang ada yaitu manajemen tingkat atas (top management), manajemen tingkat menengah (middle management), dan manajemen tingkat bawah (lower management).

Di perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kendali komputer sehingga mesin tersebut dapat dikendalikan oleh pihak manajer hanya dari ruang kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung laba rugi, inventaris, dan sebagainya. Di bidang perbankan, salah satu solusi sistem informasi perbankan telah diperkenalkan oleh perusahaan besar seperti Hewlett-Packard (HP), yang bekerja sama dengan Infosys telah memperkenalkan solusi core banking, yang disebut Finacle kepada bank-bank di Indonesia. Finacle memberikan solusi bagi bank yang ingin melakukan up-grade terhadap sistem yang telah mereka miliki. Dengan menggunakan Finacle, up-grade sistem bisa dilaksanakan dengan resiko investasi maupun kegagalan migrasi yang rendah. Ini penting bagi bank-bank agar mampu menghadapi siklus bisnis yang selalu berubah. Dengan solusi terpadu ini – berupa software dan hardware, jaringan, sistem integrasi, serta opsi consulting dan outsourcing – bank juga akan memiliki nilai tambah sehingga menjadi lebih kompetitif.

Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi kebijakan dan strategi dunia usaha perbankan yang selanjutnya lebih mendorong inovasi dan persaingan di bidang layanan terutama jasa layanan pembayaran melalui bank. Inovasi jasa layanan perbankan yang berbasis teknologi tersebut terus berkembang mengikuti pola kebutuhan nasabah bank. Transaksi perbankan berbasis elektronik, termasuk internet dan menggunakan handphone merupakan bentuk perkembangan penyedia jasa layanan bank yang memberikan peluang usaha baru bagi bank yang kerakibat pada perubahan strategi usaha perbankan, dari yang berbasis manusia (tradisional) menjadi berbasis teknologi informasi yang lebih efisien dan praktis bagi bank. Pada perusahaan jasa seperti perbankan komputer digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM, dan sebagianya. Komputer juga banyak digunakan untuk proses akuntansi, melakukan analisis keuangan, neraca, laba-rugi, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa software yang secara khusus disediakan untuk operasi akuntansi. Di bidang perhotelan komputer digunakan untuk menentukan jumlah dan jenis kamar yang telah terisi dan masih kosong. Bahkan saat ini pada penjualan pertokoan kecil, usaha kecil dan menengah (UKM), apotek dan bermacam-macam usaha kecil lainnya juga telah banyak menggunakan komputer.

CONTOH BISNIS TIK
1. E-Commerce
E-commerce merupakan suatu tindakan untuk melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson)

2. Konsultan IT
orang yang bertugas untuk memberikan saran kepada klien teknologi informasi apa yang harus digunakan untuk memenuhi sasaran bisnis, menyelesaikan suatu masalah, memperbaiki struktur dan efisiensi sistem IT

3. Software House
seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software)


KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN BISNIS

Keuntungan:
1. Otonomi, maksudnya adalah pengelolaan yang bebas dan tidak terikat
2. Pengawasan keuangan dilakukan oleh diri sendiri
3. Berpeluang untuk mengembangkan konsep usaha

Kerugian:
1. Pengorbanan Personal. terkadang keperluan bisnis membuat waktu dengan keluarga menjadi lebih sedikit
2. Beban dan Tanggung Jawab, semua hal yang berkaitan dengan proses dan hasil bisnis ditanggung sendiri

Adapun sedikit informasi tentang cara jitu dalam membangun bisnis online, karena bisnis online ini juga termasuk ke dalam bisnis informatika yang membutuhkan teknologi melalui media internet dan informasi yang memudahkan masyarakat untuk berjual dan berbeli dengan mudah dan efisien, yaitu:

Cara Jitu untuk Sukses Dalam Bisnis Informatika

1. Rancang Bisnis Dengan Tepat


1.1 Rancang rencana bisnis online yang akan anda buat dengan tepat dan cermat. Pertimbangkan segala aspek seperti:

1. Target Pasar
Target pasar yang di maksud disini adalah siapa yang akan membeli serta di mana kita harus memasarkan barng-barang yang kita jual, sperti contoh jika kita membuat sebuah usaha penjualan gadget atau elektronik kita harus mengerti di mana dan kepada siapa kita akan memasarkan barang-barang yang kita miliki, seperti memasarkan di kawasan yang memiliki penduduk yang paham akan IT atau di sebuah pasar elektronik, serta kita memasarkannya kepada orang yang selalu update akan IT atau elektronik lainnya.

2. Kemampuan Pesaing
Dalam melihat kemampuan pesaing hal yang paling utama kita lakukan adalah kita harus menguasai semua yang akan kita jual, sebab dengan cara seperti itu kita dapat melayani pelanggan sehingga pelanggan atau konsumen mendapakan kepuasan setelah berbelanja di tempat kita. Untuk itu kita juga harus menyadari apa saja yang sudah di miliki oleh pesaing kita, terutama dari pekerja yang terdapat di sana, apakah pekerja mereka sudah ahli dalam bidang IT atau belum?jika sudah mereka memiliki pekerja yang baik dan berpengalaman maka kita harus lebih baik lagi supaya bias bersaing dalam hal kualitas. Seperti halnya dalam barang yang akan kita jual, yang terpenting adalah kualitas dari barang tersebut.

3. Sumber daya, Resiko dan Perkembangan Bisnis yang Anda Lakukan.
Seperti yang kita bahas sebelumnya, dalam membangun sebuah usaha penjualan gadget secara Online kita harus memiliki sumber daya yang baik dalam hal kualitas, entah dalam sumber daya pekerjanya maupun sumber daya barang yang akan kita jual. Dalam sebuah usaha kita harus siap dalam mengambil resiko yang akan di hadapi, seperti contohnya adalah maintenance. Maka dari itu kita harus memiliki sumber daya yang baik sehingga dapat memperkecil resiko yang akan kita hadapi.

4. Membagun Loyalitas Konsumen
Konsumen adalah raja dalam bisnis kita, jika tidak ada konsumen maka bisnis sebaik apapun dengan sumber daya secanggih apapun tidak akan berkembang dengan baik. Untuk itu kita perlu mendapatkan loyalitas konsumen dengan cara terus mempertahankan kualitas barang / produk kita, memberikan bonus atau potongan terhdap konsumen, memberikan perhatian kepada konsumen sehingga konsumen merasa puas dan akan memakai produk / jasa kita.

1.2 Temukan Sasaran yang Spesifik

Sebagai contoh Bila anda akan memulai bisnis informatika contohnya warnet maka anda harus lebih spesifik warnet yang akan anda dirikan berorientasi kemana? Apakah ke gamers, browsing, downloading, chatting dan lain sebagainya. Setiap sasaran dalam bisnis warnet yang akan anda dirikan pasti akan berpengaruh terhadap financial yang akan anda gunakan, contohnya bila anda akan mendirikan warnet dengan sasaran gamers maka anda harus menyiapkan komputer dengan spesifikasi untuk gamer.

1.3 Cari Sumber Keuangan

Dalam mencari sumber keuangan kita memiliki berbagai macam cara antara lain dengan modal sendiri, pinjaman bank atau bagi hasil dengan sebuah bank syariah. Sehingga memungkinkan kita untk membuka sebuah usaha atau bisnis yang kita inginkan.

1.4 Buat Situs yang Handal

Dalam melakukan Bisnis Online anda harus memiliki sebuah situs yang baik dan memiliki system keamanan yang handal sehingga tidak mudah di hack oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab. Sebagai contoh anda akan mendirikan bisnis penjualan gadget, maka sedapat mungkin situs tersebut menarik perhatian pasar, dan mudah dalam hal pemesanan barang dan membayaran barang.

1.5 Promosi Jitu

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan bisnis ini baik lewat facebook, twitter, e-mail, blog dan lain sebagainya.

1.6 Permudah Transaksi Konsumen

Semakin mudah transaksi yang dilakukan maka konsumen akan semakin sering melakukan pembelian terhadap barang / produk kita, sebagai contoh kita harus mencantumkan no rekening bank dalam situs bisnis online kita untuk mempermudah konsumen melakukan pembayaran.

1.7 Motivasi Untuk Terus Maju

Dalam melakuakn bisnis online tentu saja tidak semudah yang kita bayangkan, pasti dalam melakuakn bisnis ini akan timbul beberapa kendala baik internal maupun eksternal. Apabila kita tekun, sabar dan yakin tentang bisnis yang kita jalankan berhasil maka hasilnyapun pasti akan berhasil karena kesuksesan itu adalah hasil dari sebuah kerja keras dan perjuangan yang tidak henti – henti.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar